Beranda | Artikel
Benahi Diri Luar Dalam (Ustadz Maududi Abdullah, Lc.)
Rabu, 19 Februari 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Maududi Abdullah

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Maududi Abdullah, Lc.

Rekaman video (sesi kedua dan tanya-jawab): Ustadz Maududi Abdullah, Lc. – Benahi Diri Luar Dalam

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Benahi Diri Luar Dalam

Agama Islam secara umum terbagi tiga, dan ini bisa kita petik dari hadits Malaikat Jibril yang masyhur yang datang kepada Nabi kita tercinta, Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dan bertanya. Pertanyaan pertama adalah:

يَا مُحَمَّدُ أَخْبِرْنِي عَنِ الإِسْلَامِ

“Wahai Muhammad, beritahu aku apa itu Islam?”

Lalu Nabi menjawab dengan amalan jasmani:

الإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَتُقِيمَ الصَّلَاةَ، وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ، وَتَصُومَ رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada ilah (tuhan yang disembah) selain Allah) dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan pergi haji jika mampu.”

Ini adalah Islam (yang) berhubungan dengan organ tubuh bagian luar (jasmani).

Lalu Malaikat Jibril melangkah kepada pertanyaan yang lebih penting:

فَأَخْبِرْنِي عَنِ الإِيمَانِ

“Beritahu aku tentang iman!”

Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab dengan jawaban yang semuanya berhubungan dengan ruh (dalam), sehingga iman derajatnya di atas Islam. Dan itu para ulama sepakat dan tidak ada khilaf (perbedaan) dalam masalah ini, bahwa iman derajatnya di atas Islam, dengan dalil firman Allah dalam Surat Al-Hujurat.

الإِيمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلَائِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ، وَلِقَائِهِ، وَتُؤْمِنَ بِالْبَعْثِ الآخِرِ

Iman adalah ngkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, hari akhir, dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.”

Dan seluruh rukun iman itu di hati.

Allah Tabaraka wa Ta’ala menerangkan di dalam Al-Qur’an:

قَالَتِ الْأَعْرَابُ آمَنَّا قُل لَّمْ تُؤْمِنُوا وَلَكِن قُولُوا أَسْلَمْنَا وَلَمَّا يَدْخُلِ الْإِيمَانُ فِي قُلُوبِكُمْ … (الحجرات: ١٤)

Lalu bagaimana cara untuk dapat memperbaiki diri kita luar dan dalam agar dapat memperbaiki pula Islam dan iman kita? Mari simak dan download ceramah agama Islam ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Maududi Abdullah – Benahi Diri Luar Dalam

Jangan lewatkan untuk berbagi kebaikan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semakin banyak kaum Muslimin memperoleh menfaat darinya, semoga semakin banyak pula pahala kita sebagai bekal di akhirat kelak, Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15049-benahi-diri-luar-dalam-ustadz-maududi-abdullah-lc/